Beranda > Informasi, Potensi Industri Olahan Buah Kelapa > Potensi Industri Olahan Buah Kelapa

Potensi Industri Olahan Buah Kelapa


Kelapa

Adalah tanaman yang mempunyai banyak sekali manfaat, selain dimanfaatkan untuk keperluan makanan dan minuman. Kelapa juga dapat di manfaatkan dalam bioindustri. Beberapa Produk yang dapat dihasilkan dari kelapa dalam bidang bioindustri antara lain :

  •     Liquid Smoke ( asap Cair) –> asap cair ini dihasilkan oleh tempurung kelapa, yang dapat berfunngsi sebagai pengawet alam. dapat untuk mengawetkan daging, ikan, sayur dan buah, atau juga sebagai anti rayap dalam industri kayu.
  •     Virgin Coconut Oil (VCO) –> VCO dikenal sebagai minyak murni dari kelapa yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. kandungan asam laurat yang ada didalamnya akan membentuk zat yang anti terhadap virus, antibakteri dan antiprotozoa.
  •     Biodiesel Kelapa –> hasil penelitian menunjukan bahwa kelapa dapat digunakan sebagai alternatif penganti solar, selain itu proses pembuatan biodiesel dapat menghasilkan produk sampingan berupa glycerin yang dapat digunakan sebagai bahan dasar sabun.
  •     Sebagai adsorben –> Absorben adalah penyerap untuk polutan yang masuk ke dalam tubuh. Air kelapa dapat di gunakan untuk menetral kan racun, misalnya racun yang terdapat di pesstisida yang masuk ke dalam tubuh. Untuk polusi yang terjadi di lingkungan, sabut kelapa dapat digunakan untuk menetralkan logam-logam berat. Contoh pengunaanya adalah penyaringana air sumur dengan mengunakan matras dari sabut kelapa.
  •     Minyak goreng–> Minyak goreng kelapa berbeda dengan minyak sayur lainya, ketika digunakan untuk mengoreng, struktur kimianya tidak berubah dan asal lemaknya adalah jenis asam lemak jenuh yang dapat langsung diserap usus tampa adanya proses hidrolisis terlebih dahulu.
  •     Produk sabun–> Glycerin yang tercipta dari proses biodiesel dapat berguna sebagai bahan dasar sabun, ia berfungsi untuk melembutkan kulit.
  •     Serat sabut kelapa–> jika diolah dengan baik maka sabut ini dapat di gunakan dlam industri, karpet, jok atau dashboard kendaraan serta masih banyak yag lainnya. Belakangan ini telah ditemukan olahan dari sabut kelapa yang berupa butiran yang disebut dengan cocopet, ia dapat menahan kandungan air dan unsur kimia pupuk dan mentralkan keasaman tanah, cocok digunakan sebagai media untuk pertumbuhan tanaman hortikultura.
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: