Beranda > Informasi > MENJAGA KESEHATAN DENGAN POLA TIDUR YANG BAIK

MENJAGA KESEHATAN DENGAN POLA TIDUR YANG BAIK


Tidur merupakan elemen yang tak terpisahkan dari pola kehidupan kita sehari – hari. Bahkan satu per tiga dari hidup kita dipergunakan untuk tidur. Atau bisa jadi, tidur adalah salah satu kenikmatan yang murah, tanpa beli. Sehingga tak heran jika ada orang yang doyan tidur atau memilih tidur untuk melupakan beban pikiran.

Namun sayang tidak semua orang dapat tidur pulas tiap malam hari. Ada pula orang yang sulit tidur. Benar – benar sulit, bukan karena nyamuk atau karena harus melakukan pekerjaan kantor. Menjengkelkan memang. Betapa tidak, malam hari yang semestinya dipergunakan untuk istirahat karena telah capai bekerja malah tidak kunjung mengantuk. Jangan biarkan jam tidur anda berkurang. Apalagi hal tersebut dapat berpengaruh buruk bagi stamina dan kesehatan tubuh. Oleh karena itu tidurlah yang cukup, antara tujuh hingga sembilan jam tiap hari agar keesokan harinya tubuh tetap segar dan kesehatan tubuh tetap prima.

Beberapa cara agar anda mudah mengantuk di malam hari sehingga dapat istirahat dengan tenang, berikut beberapa tips untuk mendapatkan tidur yang baik :

1. Tidur di tempat tidur yang nyaman.
Salah satu masalah tidur disebabkan karena tempat tidur yang tidak nyaman. Karena itu pilihlah tempat tidur dimana kasur dan bantal terbuat dari bahan terbaik.

2. Ventilasi kamar.
Mereka yang tidur di tempat yang sesak akan merasa lelah dan bahkan mengalami sakit kepala. Cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan ventilasi yang mengatur pergantian udara seperti jendela.

3. Redupkan lampu 30 menit sebelum tidur.
Meredupkan lampu sebelum pergi ke tempat tidur akan membantu anda menjadi mengantuk . Ini akan membiasakan pikiran anda pada suasana lebih gelap.

4. Cari tempat yang tenang untuk tidur.
Kebisingan dapat mengganggu anda untuk tidur lebih nyenyak. Sehingga lebih baik ruang tidur terbebas dari suara berisik apapun.

5. Mengubah suasana kamar.
Terkadang suasana kamar menentukan mood dan berpengaruh pada kenyamanan tidur. Cobalah untuk mengubah, ubah posisi tempat tidur pada bagian ruangan yang berbeda.

6. Jangan makan atau minum yang berlebihan sebelum tidur.
Sebaiknya makan malam dilakukan dua jam sebelum tidur. Jika terlalu banyak makan atau minum sebelum tidur akan membuat tidur tidak nyenyak dan terbangun tengah malam untuk buang air hingga beberapa kali. Dan tentu saja, tidur anda pun terganggu.

7. Lakukan Relaksasi.
Jika anda sulit tidur pada malam hari, kenapa tidak melakukan olah raga relaksasi seperti latihan pernafasan, mendengarkan lagu – lagu lembut atau membiarkan pikiran anda menerawang untuk mempercepat rasa kantuk datang.

8. Mandi dengan air hangat.
Sebelum tidur upayakan badan dalam keadaan segar. Karena itu cobalah mandi dengan air hangat terlebih dahulu karena membuat otot lebih santai dan segar.

9. Jangan Memaksa Tubuh untuk tidur
Rasa kantuk tidak bisa dipaksakan untuk secepatnya datang, biarkan tubuh yang merasakan. Jangan memaksa atau mengontrol tidur karena anda tidak bisa mengontrolnya.

10. Membaca buku.
Membaca buku buku yang ringan juga dapat anda lakukan untuk mempercepat kantuk karena membaca bisa membuat mata lelah dan bila lelah, kantuk akan cepat datang.

11. Jangan pikirkan kekhawatiran dan tutup pintu kamar tidur.
Memikirkan kekhawatiran seringkali menjadi beban dan membuat tidur sulit karena itusingkirkan kekhawatiran dari pikiran anda dan yakinlah pintu kamar tidur tertutup agar tidak ada gangguan selama tidur.

Kategori:Informasi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: