Kasur Berkualitas


Sering kali tidur lebih dari 10 jam namun yang di rasakan bukannya segar malah loyo? Tetapi, jika Anda hanya tidur 3-4 jam setiap hari maka anda akan lebih kuat beraktivitas seharian meski di ruangan ber-AC? Ternyata kualitas tidur seseorang tidak bisa dilihat hanya dari lamanya waktu tidur, namun dari kualitas tidurnya. upayakan selalu menjaga kualitas tidur menjadi lebih penting untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

Berikut adalah beberapa tip yang bisa Anda contek untuk mempersiapkan tidur agar memperoleh kualitas tidur yang lebih baik dan sehat.

Untuk menjaga kualitas tidur dan kesehatan serta kebugaran tubuh maka perhatikan cara Memilih kasur dan bantal berikut:

Kasur adalah faktor penting yang ikut menentukan kualitas tidur,kebugaran serta kesehatan tubuh dan sekaligus kondisi punggung/tulang belakang dan postur tubuh Anda. Dalam memilih kasur, faktor utama yang sangat perlu diperhatikan adalah kenyamanan. Kasur yang baik harus memenuhi syarat berikut:

•Didesain sehingga titik berat tubuh tersebar merata di seluruh bagian tubuh yang bersentuhan dengan kasur. Jika berat badan terpusat di satu titik saja, maka darah tidak bisa mengalir dengan lancar.

•Dapat meredam gerakan tubuh saat tidur sehingga tidak mengganggu  orang lain yang tidur dis ebelah Anda.

•Dapat menopang lekuk alami tulang punggung dan menjaga susunan tulang punggung.Sebelum memilih kasur, cobalah berbaring dulu di atasnya. Jika Anda saat berbaring telentang atau miring, tubuh terasa menumpu pada satu titik saja (didaerah pinggul dan bokong) berarti kasur tersebut tidak mampu menopang tubuh dengan baik.

tidur

Kita mengenal berbagai jenis kasur, antara lain kasur kapuk, busa, pegas, dan lateks serta yang terbaru kasur dari serat sabut kelapa yang di semprot dengan latex alsi(SEBUTRET). Kasur kapuk kurang baik karena agak keras dan kurang dapat menopang lekuk tubuh. Debu kapuk pun dapat merangsang alergi. Kasur busa biasanya terlalu empuk, tidak lentur dan tak bisa menopang tubuh.
Kasur pegas dan lateks bisa dipilih, namun kualitas bahan dan pembuatannya juga harus diperhatikan. Kasur pegas akan berkurang daya pegasnya setelah beberapa lama. Sedangkan kasur dari serat sabut dengan latex sangat nyaman dan sehat , sebat kasur ini memiliki kelebihan diantarany:

1.Tidak mudah kempes

2.Digunakan Hangat saat cuaca dingin dan Sejuk saat cuaca panas

3.Pori-Pori lebih besar

4.Keempukan alami dari serat sabut kelapa

5.Mengurangi bahkan mengobati tulang belakang yang sakit dll.

TIDUR NYAMAN DIATAS KASUR

Selain memilih kasur, pemilihan bantal sebaiknya juga diperhatikan. Bantal dianjurkan untuk dapat menopang tulang leher yang bersambung dengan tulang belakang (punggung).

Bantal yang baik:
•Dapat menopang seluruh tulang belakang (dari leher hingga punggung) dalam satu garis lurus saat tidur miring.

•Dapat menopang kepala dengan baik.

•Menjaga kontur leher dan tulang punggung dengan baik.

•Mudah diatur agar ‘pas’ dengan lekuk leher dan kepala.

•Tidak menyebabkan alergi dan tidak panas.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: